Namaa :
Titan Wira Yugatama
NIM :
01716146283
Program Studi :
Manajemen Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester :
MIK A / 1
Mata Kuliah :
Manajemen Media
Tugas :
Literatur Radio dan Essay
Literatur Radio
Radio
SWARA KENANGA FM PURWOREJO terletak di Kota Purworejo, Kabupaten
Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia.
PROFIL RADIO KENANGA
VISI
RADIO SWARA KENANGA FM
PURWOREJO AGAR MENJADI MEDIA YANG EKSIS DAN TERKEMUKA DI PURWOREJO, SENANTIASA
IKUT SERTA MELESTARIKAN SENI BUDAYA BANGSA, SERTA MEMBERIKAN PELAYANAN YANG
TERBAIK KEPADA RELASI DAN KHALAYAK PENDENGARNYA.
MISI
- SAJIAN
SIARANNYA MENGUTAMAKAN SENI BUDAYA DAN MUSIK ANAK BANGSA YANG DISAMPAIKAN
SECARA SANTUN DAN SELARAS DENGAN NILAI - NILAI AGAMIS.
- IKUT
SERTA MELESTARIKAN DAN MENGEMBANGKAN SENI BUDAYA BANGSA, KHUSUSNYA DI
DAERAH PURWOREJO.
- MENDORONG
PENINGKATAN MUTU SIARAN SERTA PELAYANAN TERHADAP RELASI, YANG SELARAS
DENGAN PENINGKATAN SARANA PRASARANA DAN PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA.
- PENINGKATAN
KESEJAHTERAAN BAGI PENGELOLA GUNA MENDORONG PENINGKATAN KINERJA DAN HASIL
KERJA YANG OPTIMAL.
- MEMBERIKAN
KENYAMANAN BAGI KHALAYAK PENDENGAR AGAR TETAP SETIA DAN SENANTIASA IKUT
BERPARTISIPASI AKTIF DALAM SETIAP KEGIATAN ON AIR MAUPUN OFF AIR.
POTENSI
WILAYAH
POTENSI
WILAYAH GEOGRAFI
Radio SWARA KENANGA FM PURWOREJO terletak di Ibu Kota Kabupaten
Purworejo.
Batas Timur :
Wates, Kab.Kulon Progo DIY.
Batas Utara :
Kabupaten Magelang
Batas Barat :
Kabupaten Kebumen
Batas Selatan :
Pantai Selatan Samudera Indonesia
Luas Wilayah :
1.032 Km2
BERDASARKAN AGAMA
I s l a m :
687.682
Katholik :
8.319
Protestan :
7.035
Hindu :
125
Budha :
1.101
Lainnya :
434
Sumber : BPS Purworejo
Sensus Penduduk th.2000
DATA PENDUDUK BERDASAR USIA
Usia
Pria
Wanita Jumlah
Prosentase
0 -
4
29.279 28.245
57.524 ( 8,16 % )
5 -
9
33.730 31.743
65.473
( 9,29 % )
10 – 14
36.847
35.125 71.872 ( 10,21 % )
15 – 19
38.438 33.936
72.374 ( 10,27 % )
20 – 24 24.662
22.213
46.875 ( 6,65 % )
25 – 29
22.465
23.622 48.087
( 6,54 % )
30 – 34
25.236
27.517 52.753
(
7,49 % )
35 – 39
26.236 27.592
53.828 (
7,64 % )
40 – 44
24.448
24.696 49.144
(
6,97 % )
45 – 49
18.794
18.322
37.116 ( 5,27 % )
50
+ 70.325 81.225 151.550
( 21,51 % )
Sumber :
BPS Purworejo Sensus Penduduk th.2000
DATA PENDUDUK BERDASAR PENDIDIKAN
Pendidikan
Jumlah
Prosentase
- Tdk
Tamat
SD
200.787
31,08 %
- Tamat
SD
258.239
39,97 %
- S L
T
P
101.485
15,71 %
- S L
T
A
74.161
11,48 %
- DIPLOMA
I
2.898
0,45 %
- Akademi
/ D
III
3.212
0,50
%
- SARJANA
5.326
0,82
%
Sumber :
BPS Purworejo Sensus Penduduk th.2000
PENDENGAR
POTENSIAL
USIA
- USIA
10 - 14
71.972
- USIA
15 - 29
167.336
- USIA
30
>
344.391
- SD
s/d
SLTA
634.672
PEKERJAAN
- Pertanian,
Jasa, Dagang 301.702
AGAMA
SUKU BANGSA
DAFTAR
PENGISI ACARA
- GROUP
ORKES KERONCONG : -
- OK.
SWARA PURNA PATRIA : Komplek
Perum Mranti 61 Pwrj.
- OK.
CAHAYA MUDA :
Jl. Magelang KM5 Purworejo.
- OK.
NADA PEMULA :
Pangen, Jurutengah, Purworejo
- OK.
PANGKOP NADA :
Pangen Koplak RT4 RW7, Purworejo
- OK.
CITRA ADITYA :
Ds.Kaliurip, Kec.Bener, Purworejo
- OK.
SATRIA :
Plaosan, Purworejo
- OK.
PUSPITA ARUM :
Jenar Wetan, Purwodadi, Pwrj.
- OK.
PANORAMA 2000 :
Sruwoh, Ngombol, Purworejo.
- OK.
TUNAS BARU :
Perum Arga Peni, Kutoarjo, Pwrj.
- OK.
KENANGAN MASA :
Jl.Bandung Selis, RT2 RW5 KTA
- OK. GITA
NARAPADA : Butuh,
Purworejo.
- OK.
NADA PERTIWI :
Kutoarjo,
- OK.
GEMA IRAMA :
Jl.Diponegoro 3 A Kutoarjo
- OK.
GITA SUKMA :
Jl. Sibak No.32 D Purworejo.
- OK.
SETIA NADA :
Jl. DR Setia Budi No.55 Purworejo.
- OK.
CENTRA NADA IRAMA :
Sarwodadi, Tawangsari, Wonosobo
- OK.
IRAMA PLAOSAN :
Plaosan, Purworejo.
- Campursari
‘ARUM DALU’ :
Sucen, Jurutengah, Bayan, Purworejo
- Campursari
‘LANGEN BUDAYA’ : Somangari,
Kaligesing, Purworejo
- Campursari
‘SEKAR LARAS’ : Mranti,
Purworejo
- Campursari
‘DIAN LARAS’ : Trirejo,
Lowano, Purworejo.
- Sholawatan
Hadroh ‘AL HIKMAH’ : Pangen,
Jurutengah, Purworejo
- TPQ
SD Neger IV :
Baledono, Purworejo
- TPQ
SD Negeri III :
Baledono, Purworejo
- TPQ
SD Negeri I :
Galsari, Purworejo
- TPQ
SD Negeri I :
Tambakrejo, Purworejo
- TPQ
SD Negeri I :
Mranti, Purworejo.
- TPQ
SD Negeri I : Sindurjan,
Purworejo.
- TPQ
SD Negeri I : Pangen
Jurutengah, Purworejo.
- ELEKTON
MUSIK RASELA GROUP : Maron,
Lowanu, Purworejo.
- ELEKTON
MUSIK PEMSEL GROUP : Sindurjan,
Purworejo.
- ELEKTON
MUSIK PANDAN WANGI : Mranti,
Purworejo.
- ELEKTON
MUSIK TRIHAS :
Kemiri, Purworejo
KERJA
SAMA SIARAN TETAP
- DINAS
PERTANIAN KABUPATEN PURWOREJO
- PMI
CABANG PURWOREJO
- DEPARTEMEN
AGAMA KABUPATEN PURWOREJO
- BKKBN
KABUPATEN PURWOREJO
- PLN
KABUPATEN PURWOREJO
- KOMINFO
KABUPATEN PURWOREJO
- DINAS
PARIWISATA SENI & BUDAYA KABUPATEN.PURWOREJO.
- KOMISI
PEMILIHAN UMUM KABUPATEN PURWOREJO.
- POLRES
PURWOREJO I KABUPATEN PURWOREJO
- LSM
MASTA PURWOREJO
- DISPENDA
KABUPATEN PURWOREJO
- PENGADILAN
NEGERI KABUPATEN PURWOREJO
- PERUM
PEGADAIAN NEGERI KABUPATEN PURWOREJO
- PUSKESMAS
PURWOREJO I
KEGIATAN
OFF FAIR
- SEPEDA
GEMBIRA : Bodrex Merdeka
Fun Bike
- KONTES
KARAOKE DHANGDHUT :
BODREX
- BHAKTI
SOSIAL PENGOBATAN GRATIS :
KALBE FARMA
- KRAMAS
GRATIS : SUNSILK
- PAGELARAN
WAYANG KELILING :
GANASIDI PURWOREJO
- PAGELARAN
KERONCONG :
HUT KE 34 SWARA KENANGA FM
Oleh 16 Group Orkes
Keroncong Pengisi Siaran Tetap
- KONTES
KAROKE DHANGDHUT MITRA KENANGA
Di Stand Pameran
Pembangunan Kabupaten Purworejo.
- NYANYI
SUKA-SUKA : Pagelaran Keliling Mitra
Kenanga.
- JUMPA
FANS ‘MITRA KENANGA’ : -
- SENSASI
PLONG SPRITE : KELILING SLTA PURWOREJO
- LOMBA
MEWARNAI TINGKAT T.K :
SGM
DATA
PERANGKAT TEKNIS
- Transmitter
FM – 2000 Watt
- Antenne
Cycloid 6 bay Tinggi 50 M
- Audio
Processor 6 Band Limiter
- Digital
Audio Processor
- APHEX
AURAL EXCITER – ALESIS EQ 31 BAND
- OPTIMIZER
– PHONIC A-6500 DINAMIC PROCESSOR
- Audio
Mixer BEHRINGER 16 Ch – UB 2442
FX
- Audio
Mixer PHILIPS 16 CH - Audio Mixer BOSS BX-8
- Tape
Recorder TASCAM MK II 112
- CD
Player – NISSEI
- Komputer
Digital Audio Broadcasting
P IV 2, 6 GHz RAM 512
MB – HD 160 GB – Sound Card SB Live Platinum
IP III 1
GHz – RAM 256 MB – HD – 80 GB – Sound Card SB Live DE 5.1
IP III 1
GHz – RAM 256 MB – HD – 160 GB – Sound Card SB Live DE 7.1
IP II 400 MHz – RAM
128 MB – HD 20 GB - System Jaringan ( LAN )
Senheizer 855 - 845 –
Behringer 8500 - Shure SM 58
DATA
MEDIA
PROGRAM ACARA
Essay
Era digital adalah istilah yang digunakan dalam kemunculan digital, conotohnya seperti jaringan
internet dan munculnya teknologi informasi berbasis "komputer". Era digital sering digunakan untuk
menggambarkan teknologi baru yang berbasis komputer.
Era digital memang memberikan banyak manfaat apa
lagi di zaman seperti ini. Tetapi di samping itu, ada yang merasa rugi bila
teknologi semakin berkembang pesat. Di zaman dahulu bila ingin mencari atau mendengerkan berita
dapat melalui media massa seperti koran, majalah, dan radio. Tetapi dengan
adanya era digital terutama yang berhubungan dengan internet, segalanya dapat
dicari dengan mudah di internet apa lagi hanya sekedar berita.
Dulunya media massa yang populer tanpa harus
membaca berita hanya mendengerkan berita saja yaitu radio. Radio dulunya mempunyai
pendengar yang banyak. Namun, semenjak memasuki era digital, radio mulai
ditinggalkan. Hampir semuanya beralih ke era digital yang bisa dibilang lebih
menarik dan praktis.
Dengan adanya era digital, membuat media radio
harus bisa bertahan atau menyaingi di masa era digital ini agar tidak
kehilangan pendengarnya. Banyak media radio yang mulai “bubar” karena para
pendengarnya sudah tidak ada dan tidak bisa bertahan di era digital. Hal tersebut
memancing para perusahaan radio untuk membuat strategi bagaimana agar bisa
bertahan di era digital.
Radio Kenanga misalnya, mereka membuat strategi
agar pendengarnya tidak beralih ke radio lain atau bahkan meninggalkan radio. Yang
awalnya radio Kenanga hanya memiliki channel radio saja, kini radio Kenanga
telah membuat website yang memuat tentang radionya sendiri. Di website
tersebut, semua bisa mendengarkan siarannya lewat internet. Hal tersebut
bertujuan untuk menarik kembali pendengarnya yang suka akan internet.
Selain itu, radio Kenanga
juga meningkatkan dan menjaga kualitas siarannya agar para pendengar suka
dengan apa yang disampaikan oleh radio Kenanga. Dengan mengisi program acaranya
yang lebih bermanfaat dan juga ikut melestarikan budaya – budaya yang ada lewat
siarannya.
Pendengar radio bisa saja kini
semakin hari semakin berkurang. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia pendengar. Usia
pendengar mencakup usia muda hingga usia tua. Apa lagi orang zaman dulu yang
kurang mengerti internet tetap setia mendengarkan radio untuk hiburan, dan mendengarkan
berita. Maka dari itu, guna menjaga pendengar yang kurang mengerti internet
terutama untuk usia yang tua, radio Kenanga menarik para orang zaman dulu yang
kurang mengerti internet dengan strategi menguatkan program acaranya yang
berisikan tentang agama – agama, lagu – lagu zaman dahulu seperti keroncong dan
campursari.
Dengan strategi tersebut,
radio Kenanga berharap setidaknya bisa menjaga para pendengarnya agar tidak
terus berkurang. Selain itu, radio Kenanga juga kerap turun tangan mengikuti
berbagai kegiatan. Mulai dari bidang sosial hingga ke bidang pemerintahan. Nantinya
setelah mengikuti kegiatan tersebut, radio Kenanga akan melaporkan hasil
kegiatan tersebut dan menyiarkan lewat radionya. Hal tersebut juga merupakan
salah satu strateginya. Nantinya jika ada yang melewatkan kegiatan tersebut dan
ingin tahu apa inti dari kegiatan tersebut, bisa mendengarkan siaran dari radio
Kenanga.
Radio Kenanga juga membuat
akun sosial medianya guna tetap eksis di era digital dan orang – orang yang
bermain di sosial media sesekali bisa melihat sosial media dan jika bisa
membuat orang penasaran, nantinya orang yang penasaran tersebut bisa beralih
mendengarkan radio Kenanga.
Radio Kenanga juga membuka
kritik dan saran yang bertujuan agar radio Kenanga dapat mengevaluasi dari
kritik dan saran yang sudah diberikan. Hal itu bertujuan meningkatkan pelayanan
dan kualitas untuk para pendengear radio Kenanga. Radio Kenanga membuka kritik
dan saran dapat dikirim melalui website dengan menu “Hubungi Kami’, melalui sosial
media, nomor telepon, dan juga bisa langsung mengunjungi kantornya.
Selain strategi di atas,
radio Kenanga sesekali juga membuka siaran untuk umum. Di situ para orang awam
juga dapat merasakan bagaimana rasanya siaran melalui radio. Dari strategi ini,
radio Kenanga berharap nantinya mendapat
antusias dari masyarakat.
Dengan semua strategi itu,
radio Kenanga setidaknya bisa bertahan dan bersaing di era digital. Nantinya radio
Kenanga juga berharap agar di era digital ini para pendengarnya dapat meningkat
agar bisa tetap eksis di dunia radio.
Komentar
Posting Komentar
Kirim komentarmu di sini