Langsung ke konten utama

Unggulan

Melestarikan Seni Tari Yang Hampir Punah

UTS TIPE BERITA (MENULISA BERITA) UTS Mata Kuliah Jurnalistik Multimedia Disusun: Titan Wira Yugatama (01716146283/MIK 2A) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROGRAM SARJANA SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA YOGYAKARTA             MELESTARIKAN SENI TARI YANG HAMPIR PUNAH             Yogyakarta. Java Ethnic Artnival 2018 yang digelar selama dua hari di Plaza Pasar Ngasem, Patehan, Keraton, Yogyakarta, dimulai pada hari Jumat hingga Sabtu (20-21/4). Event tersebut dijelaskan atau diutarakan oleh Fahron Maskub Rifai selaku panitia dan dihadiri oleh para pengunjung. Java Ethnic Artnival 2018 menampilkan berbagai tarian tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan mengalami acara puncaknya pada hari Sabtu, 21 April 2018. Event ini diadakan untuk memperingati hari lahirnya IKPM Jateng (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa) Jawa Tengah.             Menurut penjelasan dari Fahron Maskub Rifai, e

Manajemen Media



Nama                          : Titan Wira Yugatama
NIM                            : 01716146283
Program Studi             : Manajemen Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester         : MIK A / 1
Mata Kuliah                : Manajemen Media
Tugas                          : Pemetaan dan Essay

Pemetaan Data Surat Kabar Kedalutan Rakyat ( kr )
Informasi mengenai surat kabar Kedalutan Rakyat ini didasarkan data pada tahun  2010.






Bagaimana Strategi Media ( Kedaulatan Rakyat ) Menghadapi Bisnis Media di Era Sekarang ini

            Pada era sekarang terutama era globalisasi ini mengakibatkan majunya teknologi. Semakin canggihnya alat – alat, transportasi, media, dan masih banyak lainnya. Pada era sekarang jika tidak up to date dengan apa yang sekarang ini ada, tentunya akan membuat tidak tahu akan apa apa. Sama dengan halnya berita, jika tidak up to date  dengan berita akan membuat “ketinggalan zaman”.
            Pada era globalisasi hal yang paling menonjol adalah internet. Dengan adanya internet, akan mudah mengakses atau mencari apapun sesuai dengan yang diinginkan. Di internet sudah merajalela berita – berita atau informasi apapun. Sebelum adanya internet, jika ingin mengetahui berita harus membeli atau mencari media cetak. Namun, semenjak adanya internet, semua dapat mengakses berita dengan mudah tanpa susah payah harus membeli atau mencari media cetak.
            Tetapi dengan adanya internet, ada juga dampak negatif bagi para pebisnis terutama pebisnis media cetak. Dengan adanya internet, para pembeli media cetak mulai berkurang. Hal itu disebabkan karena praktisnya internet untuk mengetahui berita daripada media cetak. Tentunya membuat pebisnis harus membuat strategi bagaimana menghadapi media yang ada di era globalisasi.
            Salah satu strategi untuk menghadapi bisnis media di era sekarang ini contohnya seperti surat kabar Kedaulatan Rakyat ( KR ) dengan membuat website. Website tersebut berisi berita – berita untuk para pengguna internet yang tidak membeli surat kabar KR tetapi ingin melihat berita yang dipublikasikan oleh KR. Setelah berkembang mulai dari website, KR mulai meluncurkan aplikasi ( untuk perangkat perangkat internet ) yang berisi berita KR sendiri yang bertujuan memperkuat strategi untuk menghadapi bisnis pada era globalisasi.
            Dengan adanya aplikasi dan website yang berisikan berita - berita KR sendiri, KR bisa disebut dapat mengimbangi persaingan bisnis di era globalisasi terutama di internet. Awalnya dengan pelanggan yang berkurang kemudian dengan menyiasati membuat website dan aplikasi guna menarik kembali pelanggan yang berkurang tersebut.
            Itulah strategi media cetak untuk menghadapi era globalisasi terutama surat kabar KR. Dengan semakin majunya teknologi di era globalisasi, media cetak harus bisa membuat strategi guna menyeimbangi kelanjutan bisnisnya.
            Untuk bisa menyeimbangi lagi para pebisnis media cetak bisa untuk meningkatkan kualitas medianya, memperbaiki layout  sehingga menjadi berita yang menarik walaupun lewat media cetak bukan melalui internet. Hal yang menarik tersebut bisa memancing masyarakat untuk tetap membaca media cetak sehingga tetap dapat menyeimbangi persaingan bisinis.
            Selain itu, bisa juga para pebisnis terutama KR membuat titik tempat di mana di tempat tersebut terdapat surat kabar KR sendiri sehingga bagi para pembaca berita yang sedang melakukan aktivitas dapat sambil membaca media cetak KR yang nantinya membuat internet bisa dibilang “tidak terpakai” di titik tempat tersebut.
            Tetapi semua itu kualitas berita menjadi yang pertama. Setelahnya, layout lah yang membuat menarik. Pebisnis media cetak ( KR ) harus bisa membuat layout yang menarik mungkin. Dan juga di dalam surat kabar tersebut tidak hanya ada berita yang itu – itu saja. Bisa ditambahkan dengan berita yang berbahasa adat istiadat sehingga pembacanya yang mengerti Bahasa tersebut menjadi asik saat membacanya.
            Tentunya dengan berita harus memuat to inform, to educate, dan to entertain. Bila berita telah memnuhi 3 aspek tersebut terutama berita – berita yang ada di surat KR, masyarakat akan lebih mempercayai berita yang mengandung 3 aspek tersebut yang bermanfaat.
            Di era globalisasi juga semakin banyak berita – berita hoax. Sebagai media cetak yang terpercaya, KR harus dapat memilah – milah mana berita yang hoax atau bukan. Harus melewati proses penelitian.
             Dengan meningkatkan pelayanannya, pebisnis surat kabar dapat menarik perhatian dari masyarakat. Bila pelayanan baik, berita berkualitas, dan tentunya harus memasang harga yang cocok untuk masyarakat, nantinya jelas dapat meyeimbangi persaingan di era globalisasi ini.
             Para pebisnis surat kabar jangan hanya memikirkan strategi yang dianggap "biasa" saja, teteapi terkadang harus memikirkan out of the box agar dapat meyeimbangi persaingan. 





 

Komentar

Postingan Populer