Nama :
Titan Wira Yugatama
NIM :
01716146283
Program Studi :
Manajemen Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester :
MIK A / 1
Mata Kuliah :
Manajemen Media
Tugas :
Pemetaan dan Essay
Pemetaan Data Surat Kabar Kedalutan Rakyat ( kr )
Informasi mengenai
surat kabar Kedalutan Rakyat ini
didasarkan data pada tahun 2010.
Bagaimana Strategi Media ( Kedaulatan
Rakyat ) Menghadapi Bisnis Media di Era Sekarang ini
Pada era sekarang terutama era globalisasi
ini mengakibatkan majunya teknologi. Semakin canggihnya alat – alat,
transportasi, media, dan masih banyak lainnya. Pada era sekarang jika tidak up to date dengan apa yang sekarang ini
ada, tentunya akan membuat tidak tahu akan apa apa. Sama dengan halnya berita,
jika tidak up to date dengan berita akan membuat “ketinggalan
zaman”.
Pada era globalisasi hal yang paling
menonjol adalah internet. Dengan adanya internet, akan mudah mengakses atau
mencari apapun sesuai dengan yang diinginkan. Di internet sudah merajalela
berita – berita atau informasi apapun. Sebelum adanya internet, jika ingin
mengetahui berita harus membeli atau mencari media cetak. Namun, semenjak
adanya internet, semua dapat mengakses berita dengan mudah tanpa susah payah
harus membeli atau mencari media cetak.
Tetapi dengan adanya internet, ada
juga dampak negatif bagi para pebisnis terutama pebisnis media cetak. Dengan
adanya internet, para pembeli media cetak mulai berkurang. Hal itu disebabkan
karena praktisnya internet untuk mengetahui berita daripada media cetak.
Tentunya membuat pebisnis harus membuat strategi bagaimana menghadapi media
yang ada di era globalisasi.
Salah satu strategi untuk menghadapi
bisnis media di era sekarang ini contohnya seperti surat kabar Kedaulatan
Rakyat ( KR ) dengan membuat website. Website tersebut berisi berita – berita
untuk para pengguna internet yang tidak membeli surat kabar KR tetapi ingin
melihat berita yang dipublikasikan oleh KR. Setelah berkembang mulai dari
website, KR mulai meluncurkan aplikasi ( untuk perangkat perangkat internet )
yang berisi berita KR sendiri yang bertujuan memperkuat strategi untuk
menghadapi bisnis pada era globalisasi.
Dengan adanya aplikasi dan website
yang berisikan berita - berita KR sendiri, KR bisa disebut dapat mengimbangi
persaingan bisnis di era globalisasi terutama di internet. Awalnya dengan
pelanggan yang berkurang kemudian dengan menyiasati membuat website dan
aplikasi guna menarik kembali pelanggan yang berkurang tersebut.
Itulah strategi media cetak untuk
menghadapi era globalisasi terutama surat kabar KR. Dengan semakin majunya
teknologi di era globalisasi, media cetak harus bisa membuat strategi guna
menyeimbangi kelanjutan bisnisnya.
Untuk bisa menyeimbangi lagi para
pebisnis media cetak bisa untuk meningkatkan kualitas medianya, memperbaiki layout sehingga menjadi berita yang menarik walaupun
lewat media cetak bukan melalui internet. Hal yang menarik tersebut bisa memancing
masyarakat untuk tetap membaca media cetak sehingga tetap dapat menyeimbangi
persaingan bisinis.
Selain itu, bisa juga para pebisnis terutama
KR membuat titik tempat di mana di tempat tersebut terdapat surat kabar KR
sendiri sehingga bagi para pembaca berita yang sedang melakukan aktivitas dapat
sambil membaca media cetak KR yang nantinya membuat internet bisa dibilang “tidak
terpakai” di titik tempat tersebut.
Tetapi semua itu kualitas berita
menjadi yang pertama. Setelahnya, layout lah
yang membuat menarik. Pebisnis media cetak ( KR ) harus bisa membuat layout
yang menarik mungkin. Dan juga di dalam surat kabar tersebut tidak hanya ada
berita yang itu – itu saja. Bisa ditambahkan dengan berita yang berbahasa adat
istiadat sehingga pembacanya yang mengerti Bahasa tersebut menjadi asik saat
membacanya.
Tentunya dengan berita harus memuat to inform, to educate, dan to entertain. Bila berita telah memnuhi
3 aspek tersebut terutama berita – berita yang ada di surat KR, masyarakat akan
lebih mempercayai berita yang mengandung 3 aspek tersebut yang bermanfaat.
Di era globalisasi juga semakin
banyak berita – berita hoax. Sebagai media cetak yang terpercaya, KR harus
dapat memilah – milah mana berita yang hoax atau bukan. Harus melewati proses
penelitian.
Dengan meningkatkan pelayanannya, pebisnis surat kabar dapat menarik perhatian dari masyarakat. Bila pelayanan baik, berita berkualitas, dan tentunya harus memasang harga yang cocok untuk masyarakat, nantinya jelas dapat meyeimbangi persaingan di era globalisasi ini.
Para pebisnis surat kabar jangan hanya memikirkan strategi yang dianggap "biasa" saja, teteapi terkadang harus memikirkan out of the box agar dapat meyeimbangi persaingan.
Komentar
Posting Komentar
Kirim komentarmu di sini